Sabtu, 11 Februari 2012

5 Organisasi Mafia di Dunia (Bagian I)

IKlan Iklan
Iklan

Mafia awalnya merupakan nama sebuah konfederasi orang-orang di Sisilia pada Abad Pertengahan untuk tujuan perlindungan dan penegakan hukum sendiri. Konfederasi ini, pada perkembangannya kemudian mulai melakukan kejahatan terorganisir. Kini istilah mafia, merujuk pada semua organisasi kriminal yang tersebar di berbagai negara di dunia. Berikut 5 organisasi mafia yang dirangkum uniknya.com, yang patut anda cermati:

1. La Cosa Nostra

La Cosa Nostra adalah nama yang digunakan anggota Mafia di Amerika Serikat untuk merujuk kepada organisasi tersebut. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Salvatore Maranzano pada tahun 1931 ketika dia menamakan dirinya Capo di tutti capi, atau “bos segala bos” dari kejahatan terorganisir yang dilakukan orang Italia-Amerika, setelah kemenangannya atas kelompok geng yang tunduk kepada Joe Masseria dalam Perang Castellammarese.

Sebenarnya La Cosa Nostra adalah grup yang relatif baru. Walau masih dikategorikan mafia muda, kelompok ini memiliki kemampuan besar untuk merencanakan kejahatan besar dan lolos begitu saja. Penyusupan anggota dan pengaruh di lembaga hukum Amerika sempat membuat perang besar penegak hukum dengan kelompok ini. Kegiatan mereka seperti aksi kelompok mafia umumnya, terlibat dalam narkoba, perdagangan senjata, mediasi bisnis pidana, dan lainnya. Anggota kelompok ini biasanya tidak terlalu besar, hanya berkisar 3.500-4.000 orang. Seorang anggota harus menjalani upacara inisiasi di mana ia mungkin harus membunuh seseorang untuk membuktikan diri-Nya.


3. Triad

Triad adalah sebuah organisasi kriminal etnis Cina yang berbasis di Hong Kong, Macau, Cina Daratan, dan di negara-negara dengan populasi etnis Cina yang besar seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Amerika Serikat, Inggris dan Kanada. Kelompok triad ini memiliki kesamaan berupa asal usul sejarah yang telah berusia ratusan tahun, struktur organisasi hirarkis yang kukuh dan upacara yang mengikat tiap-tiap anggota satu dengn yang lain. Pemimpin kelompok Triad tidak langsung mengelola kegiatan anggotanya di negara lain, tetapi pengaruh mereka meluas secara internasional disebabkan kekuatan finansial dan hubungan bisnis global serta hubungan pribadi yg mereka miliki.

Saat ini posisi Triad lebih mirip seperti organisasi bisnis. Interaksi antar kekuatan geng Triad di Cina daratan, Taiwan, Macau, dan Hongkong tidak menghindar dari perhatian pihak berwenang setempat, namun justru mendapat banyak keuntungan. Pasar terbesar saat ini berada di Cina daratan, dan mereka sangat berorientasi pada bisnis. Mereka mengejar uang dalam jumlah besar melalui jalan apapun.


4. Mafia Rusia

Mafia Rusia berasal dari Uni Soviet dan sekarang memiliki pengaruh di seluruh dunia. Pengikutnya antara 100.000 sampai 500.000 anggota. Selama ini mereka terlibat dalam kejahatan terorganisir di negara-negara seperti Israel, Hungaria, Spanyol, Kanada, Inggris, Amerika Serikat, Rusia, dll. Mereka juga berimigrasi ke Israel, Amerika dan Jerman dengan menggunakan identitas Yahudi dan Jerman.

Kegiatan mereka termasuk obat-obatan dan perdagangan senjata api, pengeboman, penyelundupan, pornografi, penipuan internet, dll. Jika salah satu anggota "bersuara" ketika ditangkap, mereka akan dibunuh saat dibebaskan.

5. Mafia Mexico

Mafia Mexico adalah geng penjara yang sangat kuat di Amerika Serikat, dimulai pada akhir 1950-an untuk melindungi tahanan terhadap narapidana lain dan dari para petugas. Geng ini juga telah terlibat dalam pemerasan dan perdagangan narkoba. Tercatat, geng ini memiliki sekitar 30.000 anggota di seluruh Amerika Serikat. Para anggota geng kadang-kadang membuat tato dengan desain umum yang merupakan simbol nasional Meksiko.(**)


Source: http://www.uniknya.com/2012/02/11/5-organisasi-mafia-di-dunia-bagian-i/
Judul: 5 Organisasi Mafia di Dunia (Bagian I); Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5
IKLAN
IKLAN IKLAN
IKLAN IKLAN IKLAN IKLAN

Comments :

0 komentar to “5 Organisasi Mafia di Dunia (Bagian I)”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Hitam Putih Hidup

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger